PENGERTIAN PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER Perangkat Jaringan Komputer adalah alat yang mendukung untuk menjalankan transformasi data s...

3 Perangkat Jaringan Komputer

PENGERTIAN PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER


PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER

Perangkat Jaringan Komputer adalah alat yang mendukung untuk menjalankan transformasi data sehingga perangkat yang bersangkut dapat beroperasi. Biasanya sebuah komputer memerlukan beberapa alat pengirim data. Contohnya seperti: lan card, router, wireless, wireless card dan lain-lainnya.




PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER

1. REPEATER

WiFi Repeater at Rs 999 /piece | तार रहित रिपीटर ...Dalam bahasa komputer repeater adalah alat untuk mengulang signal dan meneruskan kembali kembali signal ke area sekitar perangkat tersebut. Sehingga secara teknis repeater adalah alat untuk menguatkan signal.

fungsi repeater antara lain: Memperluas Jangkauan Signal, Mengcover wilayah yang minim signal dari server, Memaksimalkan dan menguatkan signal, Memudahkan proses penerimaan dan pengiriman data, Memudahkan akses signal WiFi, Meminimalkan penggunakan kabel jaringan.

Cara kerja repeater yaitu menyebarkan data ke seluruh jaringan walaupun data tersebut tidak di perlukan maka akan tetap tersebar ke seluruh jaringan, penyebaran data tersebut kinerjanya akan menurun atau aksesnya semakin lambat apabila semakin banyaknya pemberhentian sinyal (Station) dan meningkatnya traffic data. Repeater biasanya dipasang di titik – titik tertentu untuk memperbarui transmisi sinyal yang datang agar kondisi sinyal seperti saat di pancarkan pertama kali dari pemancar.

Manfaat/kelebihan dari repeater antara lain: Memancarkan sinyal ke seluruh sudut dalam suatu gedung, Memberikan dan menyalurkan sinyal lebih baik kepada setiap user, Akses internet menjadi lebih mudah tanpa terhalang lokasi sesuai nirkabel, Memudahkan user menggunakan akses internet di segala perangkat tanpa batasan limit user.

Kelemahan dari repeater adalah tidak bisa memfilter data yang masuk, sehingga semua data yang masuk akan terlihat oleh siapapun yang memakai jaringan yang sama.

2. BRIDGE

Pengertian BRIDGE Adalah : Fungsi & Cara Kerja Bridge (Lengkap)Bridge atau network bridge yang dalam istilah bahasa Indonesia disebut dengan jembatan jaringan merupakan sebuah komponen jaringan yang banyak dipergunakan untuk memperluas jaringan atau membuat segmen jaringan. Bridge mampu menghubungkan sesama jaringan LAN (Local Area Network) komputer.


Bridge berfungsi untuk memperluas jaringan ke bentuk jaringan lain yang lebih luas dan bisa digunakan pada perangkat lain.

Cara kerja bridge jauh lebih canggih daripada repeater, walau begitu belum secanggih router. Bridge bekerja pada lapisan data link layer model OSI (Open System Interconnection).

Kelebihan bridge adalah perangkat ini bisa menentukan segmen mana yang akan di rooting atau disaringbisa bekerja pada lapisan Data Link, sehingga tidak dimungkinkan terjadinya transmisi dari satu protokol ke protokol lainnya. Selain itu, bridge juga mampu mendukung beberapa protokol seperti NetBEUI dan LAT yang tidak mungkin dilayani oleh router.

Kekurangan bridge, yaitu : tidak dimungkinkannya transmisi melalui jalur atau protokol yang berbeda. Selain itu, bridge juga hanya meneruskan paket dari satu jaringan ke jaringan lainnya dengan kecepatan 10 MBPS. Bridge juga hanya meneruskan transmisi tanpa bisa menerjemahkan komunikasi antar protokol.


3. NIC (Network Interface Card)

Pengertian, Fungsi, Prinsip dan Alur Kerja NIC (Network Interface ...NIC atau Network Interface Card merupakan kartu yang berperan penting bagi komputer. NIC biasanya ditanamkan pada komputer sehingga perangkat bisa terhubung dengan jaringan LAN.
  
Tugas Utama dari sebuah NIC tersebut adalah untuk mengubah aliran data berbentuk parallel di dalam bus sebauh komputer menjadi aliran data yang berbentuk serial, sehingga nantinya aliran data yang berbentuk serial tersebut bisa saling di transmisikan di dalam media jaringan komputer.


Jenis-Jenis NIC (Network Interface Card)

Network Interface Card, terbagi menjadi 2 jenis. Yaitu:

    1. Network Interface Fisik / Physic
        Network Inteface card fisik merupakan sebuah Network  Interface yang dapat didefinisikan secara fisik, berbentuk kartu dan ditancapkan pada slot di dalam motherboard. NIC fisik inilah yang biasa kita gunakan sehari – hari, yang memiliki port RJ – 45 untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke dalam jaringan menggunakan kabel.

    2. Network Interface Logis / Logical
        NIC logis merupakan sebuah Network Intrface Card yang tidak dapat didefinisikan secara fisik. Itu artinya, NIC Logis merupakan sebuahsoftware atau sebuah program yang dibuat untuk mendefinisikan dirinya seolah – olah menjadi sebuah Network Interface Card.

Fungsi dari NIC atau Network Interface Card di dalam jaringan komputer secara teoritis, yaitu: Sebagai media pengirim data dari satu komputer ke komputer lainnya, Sebagai pengontrol data flow antar komputer yang menggunakan sistem kabel jaringan, Menerima data dari komputer lain, Menterjemahkan data menjadi bentuk bit, sehingga dapat dimengerti oleh komputer penerima.

Fungsi dan manfaat praktis dari NIC, yaitu: Membangun sebuah jaringan komputer dan menghubungkan komputer satu dengan komputer lain, Membantu mempermudah keperluan pengiriman data dan informasi antar komputer, Menghubungkan jaringan local dengan jaringan internet, Mengintegrasikan komputer dengan beberapa peralatan elektronik.



0 komentar: